Work Shop Cat Air, part 1

13 08 2009

Hari Sabtu (08/08/2009) WorkPOD Coworking Movement menyelenggarakan workshop pertama dari rangkaian ‘Collaborative Workshop Series’ di markas WorkPOD, Jl. Sumur Bandung no. 5. Workshop pertama ini bertopik ‘Dasar-dasar Menggambar dengan Cat Air’ dengan Ichsan, Avril dan Aji (illustrator buku ‘Bandung in Watercolour’, ‘Jakarta in Watercolour’, ‘Bandung Digambar Euy!’, dan ‘Palembang: The Heritage’). Workshop kali ini difokuskan pada pengenalan material: kertas, pigmen (cat/pewarna), kuas, dan aksesoris pembantu, selain teknik dasar sapuan dan gradasi. Workshop diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari Unpar, ITB, dan Itenas, selain juga umum dan bahkan anak-anak!


Pada awal workshop, para peserta diharuskan mencampur sendiri catnya sehingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Ini karena dari pengalaman para tutor, orang-orang yang belum memahami cat air umumnya menggunakan media ini sebagaimana cat poster atau cat akrilik: tebal dan kental, padahal salahsatu karakter unik dari cat air adalah sifatnya yang transparan.Setelah campuran ini ‘disetujui’ para tutor, berikutnya peserta diharuskan menyapukannya pada sebuah bidang kertas berukuran A4 se-rata mungkin (sebuah tugas yang nampaknya mudah; namun ternyata banyak juga peserta yang mengalami kesulitan). Setelah menguasai tugas dasar ini, peserta kemudian diminta mewarnai gambar lansekap berupa siluet bangunan dalam suasana berkabut.

Pada tahap berikutnya, ‘tugas’ semakin berat: pertama-tama peserta diminta membuat gradasi satu warna, selanjutnya gradasi dua warna. Setelah dianggap menguasai teknik gradasi ini, sebagai tugas terakhir peserta diminta mewarnai gambar sebuah apel dengan teknik gradasi melingkar. Anehnya, meskipun banyak peserta yang belum begitu menguasai teknik gradasi sederhana (linear) di tugas sebelumnya, pada tugas terakhir ini banyak pserta yang cukup berhasil mewarnai gambar apel …

Workshop ini akan dilanjutkan di minggu berikutnya, dengan titik berat pada teori warna: teknik mencampur cat, lingkaran warna, mood, dan sebagainya. Para tutor mengharapkan peserta yang telah mengikuti workshop pertama ini bisa juga mengikuti workshop yang kedua.


Actions

Information

Leave a comment